Kamis, 20 Juni 2013

Memasak Tanpa Alat Masak

Bagi kalian yang suka liburan outdoor dan tidak mau ribet membawa alat masak, berikut ada beberapa metode-metode khusus memasak tanpa alat yang sudah dihimpun dari berbagai sumber.

• Memasak langsung di arang



Ini merupakan salah satu cara memasak paling kuno. Kita tinggal memasak daging dengan cara menaruhnya langsung di atas arang sambil mengipasinya. Untuk ikan beda perlakuan, kita harus membungkusnya dengan daun terlebih dahulu. Sedangkan untuk telur kita harus sedikit melubangi dulu cangkangnya.

• Memasak di dalam tanah



Sampai sekarang cara ini mungkin masih dipraktikkan oleh suku-suku di pedalaman. Untuk memasak di dalam tanah pertama kita harus menggali dan menaruh kayu yang sudah dibakar di dalamnya. Ketika api sudah membara, masukkan batu ke dalam lubang. Begitu batu sudah panas, tambahkan daun basah. Setelah itu baru masukkan makanan yang ingin dimasak. Di atasnya kita tambahkan lagi dedaunan sebelum menutup lubang tersebut dengan tanah. Tapi untuk matang harus sabar ya, guys.

• Memasak dengan tungku batu



Seperti di gambar, metode ini menggunakan batu yang dipanaskan. Untuk membuat tungku ini mungkin akan sedikit ribet karena harus menggunakan bebatuan dengan bentuk yang pas. Caranya hampir sama dengan memasak di dalam tanah. Panaskan api di dalam tungku batu dan taruh dedaunan sebelum menaruh makanan yang akan kita masak.

Gimana, tertarik untuk dipraktikkan? Kalau mau mencoba, Mindtalkers bisa mencobanya terlebih dahulu di halaman rumah


Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar