Senin, 06 Mei 2013

Tak Bak, Ritual Para Biksu



Tak Bat adalah upacara pengumpulan sumbangan yang menjadi tradisi aliran Biddha Theravada sejak berabad abad yang lalu. Ritual Tak Bat ini ada di kota Luang Prabang, Laos Utara. Barisan biksu memakai jubah berwarna jingga berjalan tanpa alas kaki, hal ini merupakan pemandangan yang menarik. Berdasarkan kepercayaan Buddha Theravada, para biksu tidak diperbolehkan bertani dan memasak makanan untuk makanan mereka sendiri. Cara untuk menunjang kelangsungan hidup mereka adalah mengumpulkan sumbangan ari umat berupa makanan atau uang. 

Biksu, Ritual, Budha, Laos


Ritual Tak Bat ini juga dijumpai di kota lain seperti Bangkok dan Chiang Mai. Hal ini karena sebagian besar penduduk Thailand dan Laos adalah penganut aliran Buddha Theravada. Di Luang Prabang ritual tak Bat ini terlihat lebih hidup karena kota ini mempunyai banyak biara dengan biksu yang mencapai ratusan yang melakukan upacara tersebut setiap pagi.

Biksu, Buddha, Ritual Agama


Banyak wisatawan yang datang ke kota ini hanya untuk mengikuti ritual tersebut. Acara dimulai pada pukul 05.30, para turis sudah memadati jalanan di kota Luang Prabang. Iring-iringan panjang para biksu terlihat berjalan dengan sikap meditasi tanpa melakukan kontak mata. Biksu senior berjalan paling depan dan diikuti biksu yang lebih muda dimana semua biksu membawa mangkuk sebagai tempat pemberian makanan.

Buddha, Laos, Thailand, Biksu


Di sudut yang lain, banyak pedagang lokal yang menjual dagangan mereka dengan agresif. Pedagang tersebut merayu semua wisatawan agar membeli nasi ketan dan buah-buahan untuk diberikan pada para biksu yang akan melawati jalanan tersebut. Alas duduk dan selendang tradisional Laos yang menjadi perlengkapan ritual Tak Bat juga ikut disewakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar